Assalamualaikum,
Halo teman-teman...
Pada artikel sebelumnya, kita telah memahami konsep dasar marketing yaitu mengenai definisi marketing, marketing management dan 10 domains marketing. Dapat disimpulkan kembali, marketing adalah fungsi organisasi dan serangkaian proses untuk menciptakan, mengomunikasikan, dan menyampaikan nilai kepada pelanggan dan untuk mengelola hubungan dengan pelanggan dengan cara yang menguntungkan bagi perusahaan, pelanggannya, serta kolaboratornya.
Untuk membangun perusahaan yang berpusat pada pelanggan dan dapat memberikan value pada pemangku kepentingan perusahaan (stakeholders), sebuah organisasi harus dapat mengelola departemen marketing dengan baik.
Menurut Kotler et al. (2022), terdapat beberapa filosofi yang dapat memandu upaya atau peran marketing dalam sebuah perusahaan, yaitu
5 Filosofi/Konsep Pemasaran
1. The production concept
Konsep produksi adalah konsep paling tua dalam bisnis. Marketer menggunakan konsep produksi ini ketika mereka ingin memperluas pasar. Karakteristik konsep produksi adalah pencapaian efisiensi produksi yang tinggi, biaya rendah, dan distribusi massal. Konsep ini diadopsi saat marketer menganggap pelanggan menyukai produk yang murah dan tersedia secara luas.
2. The product concept
Konsep produk adalah ketika marketer percaya bahwa pelangan akan menyukai produk yang memiliki kualitas tertinggi, kinerja terbaik, atau fitur inovatif. Berbeda dengan konsep produksi yang ingin memperluas pasar, konsep produk berarti sudah memiliki spesifik target pasarnya sendiri.
3. The selling concept
Konsep penjualan adalah ketika marketer ingin menjual produk yang tidak dicari oleh pelanggan, atau mungkin pelanggan biasanya tidak terpikirkan untuk membelinya. Seperti perusahaan yang menjual asuransi dan tanah kuburan. Pada konsep ini, ada upaya besar dari marketer untuk membujuk calon pembeli.
4. The marketing concept
Konsep pemasaran muncul pada pertengahan tahun 1950-an sebagai filosofi yang berpusat pada pelanggan, yaitu sense and respond. Tugas pemasaran bukanlah menemukan pelanggan yang tepat untuk produk kita, tetapi mengembangkan produk yang tepat untuk pelanggan kita. Bagaimanapun di luar sana terdapat banyak kompetitor yang menjual produk yang sama bahkan dengan harga yang lebih murah. Oleh karena itu, konsep pemasaran ini menyatakan bahwa kunci untuk mencapai tujuan organisasi adalah menjadi lebih efektif daripada pesaing dalam menciptakan, memberikan, dan mengomunikasikan nilai pelanggan yang unggul (superior consumer value) kepada target pasar perusahaan kita.
5. The market-value concept
Konsep nilai pasar didasarkan pada pengembangan, desain, dan implementasi program, proses, dan aktivitas pemasaran yang memahami keluasan dan saling ketergantungannya. Secara tradisional, pemasar berperan sebagai perantara, yang bertugas memahami kebutuhan pelanggan dan menyampaikan suara konsumen ke berbagai area fungsional di dalam organisai. Sebaliknya, konsep nilai pasar menyiratkan bahwa setiap area fungsional dalam organisasi harus secara aktif difokuskan pada penciptaan nilai bagi pelanggan, perusahaan, dan kolaboratornya.
![]() |
Ilustrasi oleh Ruang Jenama |
Dari kelima filosofi di atas, dapat dilihat bahwa peran marketing dapat berbeda, sesuai dengan tujuan dan target sebuah perusahaan. Walau demikian, konsep yang paling tepat untuk diaplikasikan pada kondisi sekarang adalah the market-value concept. Konsep nilai pasar menyiratkan bahwa perusahaan harus mendefinisikan bisnis mereka sebagai proses yang memuaskan pelanggan, bukan dalam produk saja.
Untuk dapat memahami penjelasan di atas, berikut contoh perbedaan bisnis dengan orientasi produk dan orientasi nilai pasar.
![]() |
Ilustrasi oleh Ruang Jenama |
Dengan konsep nilai pasar, sebuah perusahaan perlu melihat lebih luas, siapa saja pesaing mereka. Sebagai contoh, jika Wardah hanya berfokus pada produk skincare dan makeup saja, tentu yang dianggap sebagai pesaing adalah perusahaan yang memproduksi produk serupa seperti Somethinc dan Skintific. Namun jika Wardah mengadopsi the market-value concept, maka mereka akan mendefinisikan pasarnya dalam istilah yang lebih luas, misalnya "Kami membantu wanita mendapatkan kulit sehat dan cantik dengan bahan yang teruji Halal". Sehingga, pesaingnya bisa mencakup perusahaan yang menawarkan vitamin atau minuman kecantikan dan perusahaan yang menyediakan layanan perawatan kecantikan.
Contoh lain :
1. Kopi Kenangan
Definisi bisnis berorientasi produk : menjual kopi.
Pesaing utama : TUKU, STARBUCK, TOMOROW.
Definisi market-value : menyediakan minuman kopi nikmat dengan suasana kafe yang nyaman untuk berkumpul hingga WFH.
Pesaing : kafe, restoran, perpustakaan, dan tempat lainnya yang biasa dikunjungi untuk bekerja.
2. PT Sinar Sosro
Definisi bisnis berorientasi produk : menjual teh kemasan yaitu Teh Botol Sosro.
Pesaing utama : Teh Pucuk, Teh Kotak, Fruit Tea.
Definisi market-value : menyediakan minuman kemasan pelepas dahaga yang rendah gula dan mudah dibawa kemana-mana.
Pesaing : minuman teh, minuman air mineral, minuman ringan, jus buah dan lainnya.
Kesimpulan
Peran marketing di dalam perusahaan berbeda-beda tergantung pada filosofi atau konsep yang dianut. Menurut Kotler et al. (2022) terdapat 5 filosofi yang merupakan bentuk evolusi pemasaran, yang dapat juga menentukan peran marketing dalam perusahaan yaitu konsep produksi, konsep produk, konsep penjualan, konsep pemasaran dan konsep nilai pasar. Di antara kelima filosofi tersebut, konsep nilai pasar dianggap paling baik untuk diaplikasikan di era bisnis saat ini. Dengan konsep nilai pasar, sebuah perusahaan bisa melihat lebih luas siapa saja pesaing mereka, tidak terbatas pada pesaing yang memiliki produk yang sama.
Sekian pembahasan singkat mengenai Peran Marketing dalam Perusahaan. Tulisan ini dibuat semata-mata untuk saling berbagi ilmu dan belajar. Semoga dapat membantu teman-teman yang ingin mulai belajar tentang marketing. Jika ada tambahan atau koreksi, silakan sampaikan di kolom komentar, ya!
***
Sumber referensi buku :
Kotler, P., Keller, K. L., & Chernev, A. (2022). Marketing management (16th ed.). Pearson Education Limited.
Salam
-rf-
Post a Comment